Tips: Cara Mendapatkan Jodoh Yang Baik Menurut Islam – Kapan nikah? Pasti pertanyaan tersebut selalu terlontar disaat kumpul dengan keluarga ataupun teman ketika hangout. Pertanyaan yang sifatnya biasa tetapi membutuhkan jawaban yang sangat sulit. Biasanya pertanyaan ini akan muncul saat wanita / pria menuju umur matang dan sudah dewasa.

Perkara mencari jodoh bukan hanya sekedar pacar. Dalam memilih jodoh setidaknya dibutuhkan beberapa kriteria. Dilansir dari akuislam.com perkara yang membuat jodoh jauh adalah kurang yakin dan berprasangka buruk kepada Allah SWT.

Karena laki-laki yang baik akan dipasangkan dengan seorang wanita yang baik , begitupun pula sebaliknya.

Jodoh mungkin sudah ditentukan dengan Allah SWT, tentu tidak terlepas dari itu semua ada sebuah usaha dari setiap makhluknya. Jadi, mulai sekarang, pantaskan diri agar menjadi  pribadi yang lebih baik. Agar kelak mendapatkan jodoh yang baik pula.

Lalu apa yang perlu kita lakukan agar cepat mendapatkan jodoh. Berikut ini cara mendapatkan jodoh yang baik menurut islam:

Memperbaiki diri

Agar mendapatkan jodoh yang baik, sudah pasti kita harus memperbaiki diri agar menjadi seseorang dan pribadi lebih baik  (menjadi soleh ataupun solehah).  Seperti yang sudah tertulis dalam firman Allah SWT :

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita  yang  keji (pula), dan wanita –wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga) (QS. An-Nur : 26)”.

Tidak putus asa dalam berdoa

Jangan pernah putus asa dalam berdoa. Doa untuk mendapatkan jodoh yang baik seperti apa yang tertulis dalam surat Al Furqon ayat 74 yang berbunyi:

“Ya Tuhan Kami, Anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagau penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa”.

Agar lebih terkabul, berdoalah seperti adab dan ketentuan dari  agama islam. Bukan hanya berdoa berdasarkan versi kita. Berdoalah  menurut apa yang diajarkan Allah Dan RasulNya, niscaya doa yang kita panjatkan bisa cepat terkabul.

Memperbanyak ibadah sunnah

Agar kita cepat mendapatkan jodoh yang baik, kita juga harus mendekatkan diri  dengan memperbanyak amalan ibadah. Bukan hanya sholat fardhu saja, tapi juga memperbanyak sholat sunnah seperti sholat tahajjud, sholat dhuha, puasa sunnah, tilawah Al Qur’an, infaq dan lain-lain. Lakukan ibadah sunnah dengan rutin setiap hari, sehingga akan ditambahkan rasa  iman  dan doa yang dipanjatkan semakin dikabulkan dengan Allah.

Memiliki kriteria yang tidak muluk

Mengapa jodoh sulit datang pada kita? Jawabannya, salah satunya dengan memiliki kriteria yang muluk. Tidak salah dalam memilih jodoh mempunyai kriteria versi masing-masing. Kita ingin jodoh ysng mapan, ganteng/cantik, berpangkat, keturunan yang baik-baik dan beriman. Semua sah-sah saja, tetapi dengan menargetkan banyak keinginan malah justru mmpersulit  mendapatkan jodoh yang baik.

Itulah sebabnya Rasulullah mengatakan jika kita tidak dapat memeproleh semuanya. Maka pilihlah agamanya yang paling baik. Hal itu berarti mungkin saja jodoh kita orang yang miskin, tidak berpangkat, tidak memiliki keturunan ningrat, akan tetapi kita memilih karena agamanya / akhlak yang baik. Jangan menginginkan mendapatkan jodoh yang sempurna sedangkan diri kita belumlah tentu sempurna.

Memperluas pergaulan

Cara lain untuk mendapatkan jodoh yang baik adalah dengan memeperluas pergaulan. Kita tidak akan tahu jodoh kita itus siapa. Bisa saja teman yang sudah dikenal ataupun kenalan dari teman. Itulah gunanya memperluas pergaulan. Sehingga kita mendapatkan banyak pilihan.

Meminta bantuan orang lain

Cara lain  yang bisa dilakukan adalah dengan meminta bantuan orang lain yang reputasinya baik. Kita bisa meminta bantuan dengan guru mengaji, murobbi, teman, saudara bahkan keluarga. Jangan malu-malu untuk memnta bantuan dari mereka. Dan jangan malu-malu pula mengulangi permintaan agar orang tersebut ingat bahwa kita meminta bantuan dari nya.

Menyatakan hasrat secara langsung

Bisa saja seorang wanita atau pria mendapatkan jodoh dengan menyatakan langsung kepada orang yang dianggap  baik agamanya.  Dengan alasan kita sudah siap menikah dengan nya. Ini adalah cara yang masih asing di budaya orang Indonesia. Namun, cara ini sebenarnya islami karena pernah dilakukan oleh Khatijah ra kepada Nabi Muhammad SAW. Khatijah ra yang lebih dulu menyatakan hasratnya kepada Nabi dengan melalui perantara.

Itulah beberapa cara yang dapat diupayakan oleh setiap muslin dan muslimah dalam mencari jodoh. Cara-cara tersebut adalah cara baik yang berdasarkan tuntutan islami. Semoga kita semua dipertemukan dengan jodoh yang baik dan sama-sama saling mencintai satu sama lain.

Comments

comments