Mandi Ruwatan, Tradisi yang Tak Lekang Oleh Zaman

Di Nusantara ini memang terkenal dengan ilmu ghaibnya. Banyak sekali cerita mulai dari cerita rakyat, legenda, babat bahkan mitos masih sering terdengar di telinga kita. Terlebih di tanah Jawa, yang kita ketahui pernah berdiri dan menjadi pusat dari kerajaan-kerajaan besar yang namanya mendunia.

Mandi Ruwatan, Tradisi yang Tak Lekang Oleh Zaman

Mandi Ruwatan, Tradisi yang Tak Lekang Oleh Zaman

Maka setelah runtuhnya kerajaan-kerajaan tersebut, banyak sekali sisa-sisa peradaban kala itu. Baik berupa harta benda, pusaka dan tak terkecuali ilmu khas kerajaan yang sebagian telah lenyap dan tidak diteruskan. Namun, masih ada sebagian yang masih dimiliki oleh para keturunan abdi kerajaan dan orang-orang tertentu yang sengaja mencarinya untuk melestarikannya.

Salah satunya adalah mandi ruwatan, tradisi ini keberadaannya hampir punah. Hanya sebagian kecil masyarakat yang masih mengikuti ritual ini. Semua terjadi dikarenakan jaman yang sudah bergeser dari tradisional kearah jaman modern yang memang anti dengan tradisi-tradisi terdahulu. Padahal jika ditinjau dari manfaatnya, mandi ruwatan sangat besar sekali bagi yang menjalaninya.

Manfaat mandi ruwatan sendiri merupakan serangkaian ritual sekaligus ikhtiar dan simbol bahwa pelaku ingin menghilangkan penyakit-penyakit dan kesialan pada diri seseorang yang menjalaninya. Mandi ruwatan bisa dilakukan dalam bentuk mandi secara utuh, ataupun hanya menyiram bagian-bagian tubuh menjelang sebuah acara. Lalu, apa saja manfaat yang tersembunyi dari ritual mandi ruwatan ini?

Menghilangkan Marabahaya

Dimaksudkan adalah ketika kita mandi maka diri kita akan segar kembali sehingga semua syaraf dan indra akan ada dalam keadaan terbaik, sehingga akan berhati-hati dan penuh kontrol dalam menjalani aktifitas. Tentu dengan demikian, Anda akan bisa lebih fokus dan aman, bukan?

Menghilangkan Penyakit

Sudah bukan rahasia lagi bahwa yang namanya mandi adalah membersihkan tubuh dari segala kotoran yang menempel pada saat beraktifitas ataupun ketika kita sedang tidur. Untuk itu, hal ini dilakukan secara simbolis menjelang acara-acara tertentu agar orang yang akan menjalani sebuah acara seperti menikah, dan lain-lain bisa lebih sehat, segar secara jasmani dan rohani.

Menghilangkan kesialan

Menghilangkan kesialan, atau yang dalam bahasa Jawa sering disebut sengkolo, mandi ruwatan dipercaya bisa menghilangkan kesialan. Maka dari itu, sebelumnya, dilakukan ritual tertentu menuju mandi ruwatan tersebut. Seperti yang dilansir juga oleh Mbah Mijan, ritual ini bisa menghilangkan kesialan yang sebelumnya mungkin mengakibatkan seseorang jauh dari jodohnya. Pada dasarnya, tidak berbeda jauh dari poin nomor satu bahwa saya sraraf yang berada dalam keadaan baik akan memberi dampak yang baik pada kontrol tubuh dan pemikiran kita.

Membuka Aura Magis

Pada mandi ruwatan memang biasanya menggunkan bahan tambahan pada air mandi. Biasanya yang digunakan adalah bunga-bungaan dan tangkai atau daun tanaman. Beberapa benda tersebut jika ditinjau dari kacamata medis memang mempunyai manfaat menyehatkan. Bisa juga minyak-minyak tertentu yang dipercaya memiliki kekuatan magis.

Terlepas dari kontroversi yang ada dapat disimpulkan bahwa ritual ini sangat baik manfaatnya pada tubuh kita tergantung dari arah mana sisi pandang kita. Tradisional yang kental akan mitos dan legenda, atau modern yang anti terhadap apa yang menjadi kebiasaan dan keyakinan orang-orang tradisional, anda yang menentukan.

Comments

comments